Kamis, 27 Februari 2014

rumah adat Sumsel

Sumatera Selatan

Jika Sebelumnya kita sudah melihat kebudayaan dari Propinsi Bengkulu, kini kita lihat kebudayaan dari propinsi tetangganya yaitu Propinsi Sumatera Selatan. Mulai dari rumah adat hingga lagu daerahnya akan kita kenali bersama disini. Berikut rangkuman kebudayaan dari Propinsi Sumatera Selatan :
Rumah Limas
1.    Rumah Adat
Rumah adat Sumatera Selatan bernama Rumah Limas, Ia merupakan rumah panggung, untuk tempat tinggal para bangasawan. Rumah Limas berjenjang lima dengan bermakna Lima Emas, yaitu keagungan, rukun dan damai, sopan santun, aman dan subur, kemudian makmur dan sejahtera. Pintu Gerbang Emas harus ada pada setiap RUmah Limas.
2.    Pakaian Adat
Pria Sumatera Selatan mamakai pakaian adat berupa mahkota , kalung bersusun dengan baju yang khas. Ia juga memakai celana panjang dan kain songket pada bagian tengah badan.
Wanitanya memakai pakaian yang mirip dengan prianya, yaitu bermahkota, kalung susun, pending dan gelang pada kedua belah tangan. Ia jua memakai kain songket yang melingkar pada bagian tengah badan serta berkain songket. Pakaian ini dipakai untuk upacara pernikahan.

sumber :http://kumpulan-budaya.blogspot.com/2013/06/sumatera-selatan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar